Sabtu, 28 November 2015

Sejarah Internet


      Apa kabar sob? Kali ini saya akan memaparkan penjelasan tentang sejarah internet yang merupakan tugas kuliah saya waktu saya duduk dibangku perkuliahan semester6. Langsung saja ya sob.
      Internet diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang pada saat itu sedang membangun sebuah proyek yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) pada tahun 1969. Tujuan dari proyek ini adalah untuk kepentingan militer pertahanan Amerika Serikat dalam memecahkan masalah komunikasi antar komputer dalam jarak jauh. Manfaat internet pada saat itu adalah untuk mengantisipasi bila terjadi serangan nuklir.
      Pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer sudah berhasil dihubungkan sehingga mereka dapat saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dua tahun kemudian, tepatnya pada bulan Oktober 1972, ARPANET sebagai pemegang proyek yang manangani pembuatan internet akhirnya memperkenalkan internet untuk kepentingan pendidikan. Pengenalan internet tersebut ditujukan untuk non-militer dan menyatukan beberapa Universitas negara Amerika sehingga membentuk suatu jaringan terpadu. Pada tahun 1972 Roy Tomlinson juga berhasil menyempurnakan program e-mail yang dia ciptakan untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer saat itu. Lalu icon @ juga diperkenalkan di tahun yang sama sebagai lambang penting yang menunjukan “at” atau “pada”.
      Ditahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal sejarah internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Satu tahun kemudian, Vinton Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection". Ditahun yang sama, Bolt Beranet dan Newman membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
      Pada tahun 1977 sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis. Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
     Awal Tahun 1980-an, Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Pada tahun itu, tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
     Ditahun 1982, istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Empat tahun kemudian, diperkenalkanlah sistem nama domain yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System), yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
     Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang dapat menjelajahi antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Pada tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah lebih dari sejuta komputer dan muncul istilah baru, yaitu surfing the internet. Dan pada tahun 1994, Situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.

Daniel Blogger

About Daniel Blogger

Subscribe to this Blog via Email :